BELANJA PRODUK RAMAH LINGKUNGAN DI CLEANOMIC

10/13/2018


Lucky me, belum lama ini saya nemuin satu website yang menjual barang sehari-hari ramah lingkungan. Namanya CLEANOMIC. Mereka menjual kebutuhan rumah tangga dengan bahan dasar yang lebih ramah lingkungan seperti sikat gigi bambu, sedotan bambu, pisau cukur stainless stell, reusable kantong belanja serut dari kain, botol minum stainless stell, dll.

Belakangan saya memang ngerasa makin concern dengan hal-hal yang berhubungan dengan lingkungan. Salah satunya adalah tentang pemakaian bahan-bahan plastik dalam aktivitas sehari-hari. Menghindari penggunaan plastik memang sulit sih, it's everywhere! 

Penggunaan plastik memang jauh lebih murah tapi sangat disayangkan nggak semua plastik bisa di daur ulang. Dan dari yang saya baca, bahan dasar plastik penggunaannya nggak bisa di-upgrade, cuma bisa downgrade, jadi makin lama ujung-ujungnya plastik bakal nggak bisa di daur ulang lagi dan berakhir di tempat sampah dan lebih sedihnya lagi plastik nggak bisa terurai selamanya. Bahkan plastik yang katanya "degradable" pun nggak bener-bener terurai tapi tetap bakal jadi micro plastic dan tetap mencemari tanah dan air.

Pastinya saya gak mau nambah-nambahin sampah plastik di bumi. Saya berusaha banget buat bawa kantong belanja yang bisa aku pakai berulang kali di dalam tas. Saya juga berusaha menghindari gelas plastik, sendok plastik, sedotan plastik, dll sebisa mungkin.



Pas tau tentang CLEANOMIC, tanpa ragu-ragu saya mutusin untuk membeli kebutuhan sehari-hari dari sana. Meskipun hampir semua produk ramah lingkungan, tapi saya tetap mengkurasi hal-hal yang memang saya butuhin aja buat dibeli. Nah, produk-produk ramah lingkungan kan biasanya identik dengan harga yang mahal, tapi barang-barang yang dijual di CLEANOMIC ini bisa dibilang terjangkau banget harganya. Malah untuk beberapa jenis barang ada paketannya gitu, jadi harganya lebih murah. Makanya saya mesti bener-bener beli sesuai kebutuhan aja kalau enggak bisa kalap beb, which is sama aja artinya pemborosan kan?

Akhirnya saya mutusin beli:
🌱 Set kantong serut dari kain blacu
🌱 Set cutlery yang terdiri dari sendok dan garpu kayu, sedotan bambu, dan sikat sedotan
🌱 Pisau cukur stainless steel
🌱 Sikat gigi bambu

Produknya sendiri datang dengan dibalut kertas koran dan paper cellotape. udah gitu aja, nggak ada tambahan plastik lain lagi. Seneng liat paketnya pas datang karena kelihatan kalau CLEANOMIC memang berkomitmen untuk mengurangi keberadaan sampah plastik. Tapi deg-degan juga sih pas terima paketnya soalnya dibungkus koran aja, rentan basah atau sobek. Tapi Thank God kayaknya paket saya datang dalam kondisi baik.



Pas buka paketnya seneng banget ngeliat semua pesanan ada di sana. Udah kebayang buat pakai semuanya. Untuk pisau cukurnya juga di kasih bonus pisau silet. Paling saran aja sendok makannya cekungan terlalu datar jadi agak susah kalau mau dipakai makan yang agak berkuah. Terus saya kan pesan dua sedotan bambu, tapi yang satu agak terkelupas di bagian ujung. Tapi yah namanya juga berbahan alami jadi saya masih maklum dan nggak mengurangi how excited I am paling ya mesti hati-hati aja pas pakai sedotannya.


Overall saya seneng banget bisa belanja di CLEANOMIC, semoga makin banyak nih website lokal yang menjual barang-barang ramah lingkungan dengan harga terjangkau.

Btw ini tuh bukan postingan berbayar. Saya share karena aku peduli dengan kelangsungan lingkungan hidup di bumi ini. Semoga saya, kamu, siapa pun yang peduli bisa semakin berkomitmen buat bikin bumi jadi tempat yang lebih baik ya 😉

So, silahkan main ke web nya CLENAOMIC di sini.

Happy shopping!


Kindly follow my blog if you like this post: 
BELANJA PRODUK RAMAH LINGKUNGAN DI CLEANOMIC    


Follow your heart,
Salaam

Yulia Rahmawati

You Might Also Like

0 comment

hello...
thx for droppin' by at my blog
I would love to receive ur comment,,,
And I would really love if you wanna exchange link with me,,,

xoxo
YULIA RAHMAWATI
Get Up,Survive, Go Back To The Bed

Hi, thanks for visiting. Happy Reading ...

Hi, thanks for visiting. Happy Reading ...

LOVELY PEOPLE

Subscribe