PENGALAMAN BELANJA DI THE F THING

9/25/2019


Baru-baru ini saya nyobain belanja online di THE F THING untuk pertama kalinya. Ada yang sudah pernah belanja di The F Thing juga nggak? Atau jangan-jangan udah pada jadi pelanggan The F Thing nih! 

The F Thing merupakan fashion e-commerce karya anak bangsa dimana kita bisa belanja berbagai produk fashion dari lokal sampai internasional brand. Meskipun The F Thing lebih ke arah fashion tapi saat ini mereka juga menjual produk-produk kecantikan loh. Udah gitu, The F Thing ini sangat mendukung brand-brand lokal yang pengen mendistribusikan produknya ke luar Indonesia. Keren yah!

Karena ini kali pertama saya belanja di The F Thing, jadi sekalian saya mau share pengalaman belanja di website-nya. Siapa tahu lagi pada bingung mau beli baju buat liburan akhir tahun di mana ya kan? Cusss dibaca sampai habis ya postingan blog saya kali ini. Hehe.

Waktu pertama kali buka websitenya, tampilannya eye catching, mata saya langsung tertuju sama banner second anniversary The F Thing dan pilihan menu "Men" and "Women". Karena memang pengen nyari baju cewek jadi saya klik deh pilihan Women. Kemudian muncul halaman dengan pilihan menu yang lebih bervariasi dalam kategori fashion wanita. Ada pilihan item yang sedang diskon, item terbaru, pakaian, batik, sepatu, tas, pakaian muslim, dan lain-lain. Dari yang saya lihat, pilihan item fashionnya bervariasi banget, mau girly bisa, sporty bisa, quirky oke, street style juga ada. Tinggal disesuaikan dengan selera masing-masing.


Tampilan website The F Thing. Eye catching dan easy. 

Di bagian atas dan kiri website terdapat pilihan filter yang bikin kita lebih mudah lagi nemuin hal yang pengen kita cari. Ada filter berdasarkan harga, warna, brand, size, dan popularitas barang. Dan yang paling penting filternya bekerja dengan baik. Nggak tiba-tiba nyelip ada item di luar filter yang sudah kita pasang. Jadi filter-filternya ngebantu banget sih.

Pilihan filter yang memudahkan browsing di web The F Thing

Foto barang-barang yang dijual di The F Thing juga jelas dari berbagai angle.

Setelah browsing kurang lebih sekitar satu jam, akhirnya saya mendapatkan 3 item yang memang lagi saya butuhin. 1 Dress dari brand Calla The Label, 1 jaket dari brand Sunny Day, dan 1 blouse dari brand Eesome. Semuanya brand lokal favorit saya yang bekerjasama dengan The F Thing. Ada banyak brand lokal lain juga yang bisa kalian temui selain yang sudah saya sebutkan. The F Thing juga punya private label sendiri dengan pilihan item-item fashion kekinian dan sering berkolaborasi dengan figur-figur milenial dalam koleksinya. Sayangnya beberapa item yang ku taksir udah sold out. 

Setelah dapat item yang akan dibeli, waktunya check out. Soalnya makin lama mantengin websitenya makin ada aja item lucu lain yang keliatan. Itu aja susah banget untuk mutusin memilih 3 item sesuai budget saya dan merelakan item-item lainnya. Pas check out karena saya baru pertama kali belanja di The F Thing jadi saya harus daftar dulu. Cara daftarnya juga gampang, tinggal mengisi data terus konfirmasi via email yang kita daftarkan. Malah untuk pendaftar yang berlangganan newsletter The F Thing akan dapat potongan kupon voucher sebesar Rp 100.000,- yang bisa digunakan untuk belanja.

Pengguna baru diminta untuk daftar dan log in terlebih dahulu sebelum proses check out.

Setelah terdaftar, log in deh. Terus kita bisa lanjut lagi ke proses pembayaran dengan klik pilihan check out. Nanti akan muncul halaman check out yang berisi daftar item yang akan kita beli. Pada bagian ini kita masih bisa mengedit lagi pilihan-pilihan belanja kita kalau misalnya ada yang mau ditambah atau dikurangin. Selain itu karena saya memesan dari 3 brand yang berbeda jadi saya perlu mengisi pilihan jasa pengiriman dari masing-masing brand. Karena selain inhouse brand seperti Lovo, Noho, Legitemate, dan B.Lab, produknya akan dikirim langsung sama brand masing-masing ke customer.

Saya pilih pengiriman reguler (estimasi barang sampai sekitar 3 hari), terus lanjut ke proses bayar. Untuk pembayarannya sendiri ada banyak pilihannya. Mulai dari virtual account, bank transfer, kartu kredit, Gopay, sampai Kredivo. Karena saya suka males mastiin nominal harga yang mesti ditransfer jadi saya pilih virtual account. Tinggal copy paste nomor virtualnya, masukin pin bank, selesai deh proses pembayarannya. Tinggal menunggu barangnya sampai. 

 Jangan lupa pilih jasa pengiriman yang kamu inginkan ya, Guys.

Ada banyak pilihan cara membayar belanjaan di Web The F Thing. Love!

Dua hari kemudian saya dihubungi sama customer service The F Thing, saya dikabarin kalau jaket yang saya mau sudah sold out. Sedih juga sih item yang saya mau ternyata sold out. Kemudian mereka menawarkan untuk mengembalikan uang saya dalam bentuk store credit ke akun saya. Waktu chat sih customer service-nya bilang uangnya kembali dalam 2 hari, ternyata besoknya uang saya sudah kembali dalam bentuk store credit. Lebih cepat dari estimasi. Akhirnya saya memutuskan untuk browsing lagi dan membeli tas dari brand KimxLim dengan store credit di akun saya. Kali ini saya memilih pengiriman satu hari, karena penasaran pengiriman sehari sampainya kayak gimana kalau belanja via The F Thing.
Chat dari customer service The F Thing mengabarkan item belanja yang sold out.

 Tampilan akun profile kita seperti ini guys. Kita bisa memantau status barang yang dibeli di sini.


2 paket saya yang berisi dress dan tas sampai berbarengan keesokan harinya. Pilihan pengiriman "sehari sampai" di web The F Thing benar-benar sampai keesokan harinya. Nice! Sementara 1 paket saya yang berisi blouse sudah sampai dari 2 hari sebelumnya meskipun saya pakai pengiriman reguler. Jadi total saya dapat 3 kiriman paket. Sebagai orang yang happy kalau unboxing paket, dapat tiga paket itu sungguh menyenangkan sekali. Hehe. Lebih seneng lagi pas di-unboxing item-item yang sampai kualitasnya sesuai dengan yang saya harapkan. Mirip sama foto-foto di website-nya The F Thing.

Horeee, paketnya sudah sampai semua. So happy! Thank you The F Thing :)

Hal-hal yang saya suka dari belanja di The F Thing:
  • Banyak pilihan brand dan style, tinggal disesuikan sama selera dan style masing-masing.
  • Model baju-bajunya up to date
  • Pilihan filter di website sangat membantu
  • Barang yang sampai sesuai dengan foto di website
  • Ada banyak pilihan cara bayar
  • Respon customer service-nya cepat
Mungkin bisa jadi masukan juga untuk The F Thing untuk membuat sistem koordinasi dengan brand-brand yang bekerjasama dengan The F Thing dengan sistem berbeda dari yang sudah ada sekarang. Karena kayak dari pengalaman saya, jaket yang sudah sold out itu waktu saya klik sampai hari ini masih bisa dibeli belum ada tulisan sold out. Menurut customer service sudah diminta ke brand untuk kasih label sold out, tapi dari brand belum merespon. Semoga bisa segera ada solusi lain yang lebih baik.

Jadi, saran saya kalau kalian mau belanja di The F Thing, sebelum membeli ada baiknya kalian pastikan dulu item yang akan dibeli memang masih ada atau sudah sold out. Terutama item-item di luar inhouse brand-nya. Sayang kan kalau sudah membayar ternyata itemnya sudah nggak ada. Meskipun uang kalian akan dikembalikan, tapi kan dikembalikannya dalam bentuk store credit yang hanya bisa digunakan di website The F Thing. Jadi lebih baik pastikan dulu aja ke customer service, dari pengalaman saya respon customer service-nya cepat kok.

Btw, ini hasil OOTD pakai item-item yang aku beli di The F Thing. Semoga kalian suka ya :)

 Wearing Dress from Calla the Label

 I wore Kelly Blouse from Eesome brand. 

Lovely bag from KimxLim. Semuanya ada di The F Thing;)

Oiya saya juga mau ucapin: Happy 2nd Anniversary The F Thing! Semoga harapan The F Thing untuk menjadi fashion e-commerce terdepan di Asia Tenggara bisa segera tercapai dan semakin dicintai sama customer The F Thing. Amin. Nah dalam rangka merayakan anniversary yang ke-2 The F Thing mengadakan GIVEAWAY berupa grand prize 2 buah motor Genio untuk top spender selama bulan September. Cek syarat lengkapnya di foto di bawah ini ya, Guys. Pemenangnya akan diumumkan bulan Oktober.

Goodluck, Guys!

Untuk info terupdate soal The F Thing kalian bisa follow instagramnya juga @thefthingworld Guys. Terus The F Thing juga punya online magazine loh. Namanya Letter F. Di sana kalian bisa dapaetin referensi berbelanja, tips, interview, video, dan update terkini tentang fashion dan lifestyle. Kalian bisa cek Letter F dengan klik di sini.

Happy shopping juga, Guys! Siapa tau kan kalian yang jadi pemenang anniversary giveaway-nya. Cuss mampir ke website The F Thing sekarang juga di www.thefthing.com ;)

Kindly follow my blog if you like this post:
PENGALAMAN BELANJA DI THE F THING

Follow your heart,
Salaam

Yulia Rahmawati





You Might Also Like

0 comment

hello...
thx for droppin' by at my blog
I would love to receive ur comment,,,
And I would really love if you wanna exchange link with me,,,

xoxo
YULIA RAHMAWATI
Get Up,Survive, Go Back To The Bed

Hi, thanks for visiting. Happy Reading ...

Hi, thanks for visiting. Happy Reading ...

LOVELY PEOPLE

Subscribe