REVIEW KIEHL'S 170TH ANNIVERSARY LIMITED EDITION COMMEMORATIVE COLLECTION

6/20/2021


Masih ingat banget sekitar 10 tahun yang lalu sejak pindah ke Jakarta, saya selalu happy setiap kali saya melewati gerai Kiehl's di salah satu pusat perbelanjaan yang sering saya kunjungi. Gimana nggak gemas coba kalau di depan gerai itu berdiri patung tengkorak berkacamata mengenakan jas laboratorium warna putih dengan aksen bow tie di leher. Cute dan eye catchy sekali. Belum lagi display toko yang vibe-nya vintage gimanaaaa gitu. Tapi saat itu saya belum paham-paham banget soal skincare jadilah waktu itu saya cuma sekedar ngeliat-liat aja dari jauh.

Time flies, beberapa tahun cuma ngeliatin Kiehl's dari display di bagian depan toko, saya akhirnya semakin mengerti soal dunia per-skincare-an dan produk-produk Kiehl's masuk ke dalam wishlist saya. Terus tahun 2019 ( sekitar 2 tahun sebelum tulisan ini dibuat) saya dikontak Kiehl's Indonesia untuk jadi talent di video edisi holiday-nya Kiehl's. Aduh waktu itu saya senang banget bisa kenalan sama Kiehl's lebih dekat dan akhirnya mencoba beberapa produk Kiehl's. 

Jadi kalau lagi pakai produk Kiehl's saya masih suka senyum-senyum sendiri karena ingat betapa saya suka banget sama display gerai Kiehl's dari dulu. Hehe. Dan tahun ini, brand kecantikan yang saya kagumi merayakan anniversary yang ke 170 tahun sejak berdiri tahun 1851. Wow! Congratulations Kiehl's!!

Dalam rangka anniversary ke-170 tahun Kiehl's meluncurkan rangkaian Kiehl's 170th ANNIVERSARY LIMITED EDITION COMMEMORATIVE COLLECTION. Koleksi ini tentunya sangat sayang untuk dilewatkan karena Kiehl's mengemas produk-produk klasiknya yang ikonik dengan kemasan spesial. Dan saya senang banget di ulang tahun Kiehl's kali ini bisa mendapat kesempatan untuk jadi bagian dari perayaan 170 tahun Kiehl's.


170 tahun adalah perjalanan yang panjang. Sungguh menakjubkan dan hebat sekali ya ketika ada brand yang bisa bertahan selama ratusan tahun. Dan tentunya ada banyak orang-orang hebat di balik brand ini yang terus berinovasi. Selain kualitas produk-produknya yang saya senangi Kiehl's juga care dengan lingkungan. Ingredientsnya memakai bahan-bahan sustainable dan renewable, kemasannya pun juga memakai bahan-bahan yang ramah lingkungan dan dapat dikembalikan ke toko untuk didaur ulang.

Kiehl's sendiri berawal dari sebuah apothecary di sudut 13th Street Third Avenue New York. Kemudian pharmacist John Kiehl membeli apothecary tersebut dan mendirikan Kiehl Pharmacy. Sampai di tahun Kiehl's berinovasi dengan konsep "Try before you buy" yang masih diteruskan sampai sekarang. Jadi kalau kalian pengen mencoba produk Kiehl's kalian bisa loh datang ke toko terdekat nanti bisa konsultasi sama representatif Kiehl's terus bisa meminta sample untuk dicoba di rumah.

Tidak hanya sampai disitu tahun 1924 Kiehl's dengan bangga memperlihatkan list ingredients-nya dilabel kemasan produk. Jadi sebelum orang-orang sadar pentingnya mengerti ingredients dari produk yang kita konsumsi, Kiehl's dari dulu sudah secara tidak langsung mengedukasi pelanggannya untuk memahami kandungan dari produk yang akan dipakai.

Kemudian tahun 1962 Kiehl's meluncurkan beberapa produk klasik yang masih jadi best seller Kiehl's sampai sekarang diantaranya Calendula Herbal-Extract Toner dan Ultra Facial Cream. Nggak heran kalau Kiehl's itu banyak fansnya dan turun temurun karena pengalaman ratusan tahun sebagai brand kecantikan sudah nggak diragukan lagi kualitasnya. 



Saya beruntung sekali deh karena sekitar 2 minggu lalu mendapat kiriman dari Kiehl's dan Clozette Indonesia berisi 3 produk klasik Kiehl's 170th anniversary kemasan limited edition dari commemorative collection yang terdiri dari: Kiehl's Calendula Herbal-Extract Toner, Kiehl's Ultra Facial Cream, dan Kiehl's Midnight Recovery Concentrate. My heart skipped a bit waktu unboxing paketnya. 

Pas banget kondisi kulit belakangan ini juga lagi gampang iritasi karena mager skincare-an, kebanyakan begadang, makan nggak sehat plus pakai masker seharian keluar rumah hampir setiap hari. Thanks to Kiehl's limited edition 170th anniversary commemorative collection ini, saya jadi rajin skincare-an lagi karena saya mau menulis review 3 produk Kiehl's edisi spesial yang saya dapat. Jadi bisa sekalian melihat manfaat produk-produk Kiehl's di kulit ketika kulit saya lagi bermasalah. Terus karena koleksi ini kemasannya cantik dan lux banget jadi makin semangat deh skincare-an.

Yuk langsung kita bahas satu persatu ya :)

CALENDULA HERBAL-EXTRACT TONER

Calendula Herbal-Extract ini merupakan produk klasik dari Kiehl's dan sudah diciptakan sejak 60 tahun yang lalu. Nggak heran kalau saya sering dengar generasi saya tuh tau dan pakai toner andalan Kiehl's ini karena tau dari nenek atau ibunya yang pakai duluan.

Sebelum mendapat kiriman Calendula Herbal-Extract Toner edisi spesial ini saya memang sudah pakai toner Calendula ini. Tapi beberapa bulan belakangan lagi jarang dipakai secara reguler karena kerjaan saya lagi pergi pagi pulang tengah malam, nggak kepikiran skincare-an beb (well, please jangan ditiru ya, Guys).

Karena saya pengen share di blog soal produk ini saya jadi kembali rajin pakai toner ini lagi siang dan malam, mau lihat juga efek toner ini di kulit saya yang lagi radang dan berjerawat. Kebetulan saya belum pernah pakai produk Kiehl's pas kulit lagi bermasalah sebelumnya.



Packaging

Gemas banget! Jujur seumur hidup belum pernah se-happy ini pegang botol toner. Hehe.

Limited edition Calendula Herbal-Extract Toner kali ini dikemas dalam botol kaca transparan 230ml dengan tutup botol metal warna emas terus ditempelin label nama produk dengan design grafis yang vintage. Udah gitu toner calendula ini kan warnanya kecoklatan gitu dan ada banyak kelopak asli bunga calendulanya juga. Aduh makin dapet banget vibe vintage dan mewahnya. Ini kayaknya kemasan toner paling aesthetic sih! Kalo tonernya udah abis gak bakal saya balikin botolnya ke toko soalnya mau dijadiin pajangan.

Botol kaca ini dikemas di dalam box karton warna putih. Grafis di bagian depan box dibuat vintage dengan kombinasi warna hitam gold dan putih plus aksen emboss "170 years special edition" di bagian depan box. Print di kemasan kotak ini dibuat dengan teknik "hot stamping" berkualitas tinggi. Terus kalau kena cahaya gitu bagian gold di boxnya jadi berkilau gitu. Dapet banget deh mewahnya.

Kalau di kemasan reguler semua informasi produk langsung diletakkan dibotol, di edisi kemasan limited edition ini semua informasi ingredients dan cara pakai dijelaskan di box kartonnya. Dan ada penjelasan singkat juga mengenai perayaan 170 tahun anniversary Kiehl's di kotaknya.

Ingredients

Kiehl's Calendula Herbal-Extract Toner diformulasikan dari ekstrak bunga Calendula dan kelopak Calendula yang dikenal dapat menenangkan kulit dan banyak dipakai untuk perawatan kulit jenis berminyak. By the way kelopak bunga Calendula yang ada di dalam toner ini tuh dimasukkan dengan tangan sesuai dengan tradisi Kiehl's.

Toner ini juga mengandung Allantoin yang ditemukan dalam akar tanaman komprei yang banyak dipakai untuk obatan-obatan herbal. Allantoin dikenal dapat menenangkan kulit.

Terdapat juga kandungan dari akar Great Burdock yang sudah digunakan berabad-abad untuk melembapkan kulit kering, menenangkan kulit, dan dipercaya dapat membantu mengurangi minyak wajah.

Toner ini nggak mengandung alkohol dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Toner ini juga nggak mengandung paraben, silikon, mineral oil, dan pewarna.    

Directions

Calendula Herbal-Extract Toner dapat digunakan di siang dan malam hari setelah membersihkan wajah. Sebenarnya sih petunjuk aplikasi dari Kiehl's toner ini diaplikasiin dengan kapas. Tapi karena saya sayang produknya kebuang di kapas jadi saya langsung pakai tangan aja. Untuk sehari-hari saya pakai beberapa tetes ke telapak tangan baru diaplikasikan dengan rata ke wajah dan leher.


What I feel

Karena ini adalah toner pastinya Kiehl's Extract-Herbal Toner memiliki tekstur yang cair. Seperti yang sudah saya tulis di atas toner ini berwarna kecoklatan dan ada banyak kelopak asli bunga Calendula juga. 

Saya suka banget wangi alami toner ini karena calming banget kayak wangi teh herbal. Kayaknya wanginya tehnya berasal dari paduan wangi bunga calendula dan wangi herbalnya dari kandungan ekstrak akar-akaran dalam toner ini.

Saya cinta toner ini karena nggak mengandung alkohol jadi sejak pertama kali dikenalin ke kulit saya yang sensitif toner ini langsung diterima dengan baik sama kulit. Toner ini soothing dan seger banget pas diaplikasiin ke wajah plus menenangkan karena aromanya enak. Karena nggak mengandung alkohol jadi toner ini nggak langsung kering setelah diaplikasikan ke kulit. Tapi tetap lumayan cepat diserap kulit dan abis itu kulit tuh langsung terasa lembap dan bersih. 

Calendula Herbal-Extract Toner edisi spesial ini harganya Rp 595.000,- Ini Kiehl's sayang banget sih sama customernya karena menjual toner ini di range harga segitu. Secara yah botol-botol aestetik yang sering dijadiin pajangan aja harganya bisa ratusan ribu sendiri nah ini botol aestetiknya berisi toner ikonik dari Kiehl's. Worth the price banget sih mengingat manfaat dan kemasannya yang super cakep dan layak dikoleksi. 

ULTRA FACIAL CREAM

Kiehl's Ultra Facial Cream merupakan pelembap wajah nomor satu dari Kiehl's. Dari namanya aja udah terasa kalau krim ini tuh powerful banget. Sama seperti Calendula Herbal-Extract Toner, saya juga sudah pakai pelembap ini dari 2 tahun yang lalu. Tapi belakangan lagi on-off dipakai juga karena lagi mager skincare-an. Nah kulit saya kan lagi bermasalah belakangan ini jadi pas banget timingnya untuk rajin pakai pelembap ini lagi dan sekalian pengen ngeliat manfaat dari moisturizer ini di kulit saya yang sedang ngambek. 



Packaging

Ultra Facial Cream limited edition ini dikemas dalam kemasan kaca ber-drat (glass jar) 50ml berwarna putih dengan tutup metal berwarna gold. Berbeda dengan packaging reguler Ultra Facial Cream, grafis di atas jar limited edition nya juga dibikin lebih simpel dan lebih memperlihatkan kesan perayaan 170th anniversary Kiehl's.

Jar dari Ultra Facial Cream ini juga dikemas lagi dalam box karton berwarna putih tulang dengan detail emboss. Jadi detil cara pakai produk dan ingredients produk dijelaskan di box kartonnya.

Di bagian tutup dan jar juga terdapat segel pengaman untuk memastikan produknya masih baru dan belum pernah dibuka.

Menurut saya perpaduan desain yang simple dan aksen vintage di kemasannya bikin packaging-nya terasa mewah, classy, dan timeless.

Ingredients

Kiehl's Ultra Facial Cream diformulasikan dari ekstrak sustainable Glacial Glycoprotein yang berasal dari gletser laut Antartika yang berfungsi untuk mengunci kelembapan barrier kulit, melindungi, dan mencegah kulit wajah kehilangan kadar airnya.

Pelembap ini juga mengandung Squalane yang berasal dari zaitun karena molekul dari Squalane mirip dengan struktur molekul kulit. Squalane inilah yang bikin krim ini gampang diserap kulit sehingga efektif mengembalikan kelembapan alami kulit, melembutkan dan bikin kulit supple. Squalane juga bermanfaat sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan pengaruh buruk sinar matahari. 

Terdapat juga kandungan Imperata Cylindrica (ekstrak tanaman gurun). Akar Imperata Cylindrica kaya akan potasium yang yang dapat melembapkan dan mempertahankan kelembapan kulit.

Ultra Facial Cream ini diklaim dapat 2.3X melembapkan bahkan di area kulit yang paling kering. Kalau kamu punya kulit yang kering moisturizer ini pas buat kamu karena mampu menjaga kelembapan hingga 24 jam sehingga kulit wajah terasa halus, lembut, dan tampak sehat. Tapi pelembap ini juga cocok digunakan untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif karena formulanya ringan dan sudah teruji untuk pemakaian sehari-hari maupun kondisi cuaca yang ekstrim.

Dan yang nggak kalah penting Ultra Facial Cream nggak mengandung Paraben, Carbamide, T.E.A, mineral oil, pewarna, dan fragrance.

Directions

Ultra Facial Cream bisa dipakai siang dan malam hari. Jadi biasanya saya aplikasikan pelembap ini sehabis memakai toner Calendula Herbal-Extract Toner. Untuk sehari-hari saya pakai seujung jari terus ditotol ke muka baru diratakan ke seluruh wajah dan leher.

What I feel


Dari segi tekstur Ultra Facial Cream terlihat creamy dan thick. Tapi pas diaplikasikan di wajah krimnya langsung lumer dan cepat banget meresap. Jadi pengaplikasiannya gampang nggak perlu nunggu lama pas banget buat saya yang nggak mau ribet. Setelah diaplikasikan moisturizer ini tuh juga nggak bikin kulit keliatan berminyak dan nggak lengket. 

Ultra Facial Cream tuh nggak ada wanginya karena memang nggak mengandung fragrance. Jadi baunya natural dari campuran berbagai ingredients-nya aja. Kalau harus dideskripsikan mirip dengan aroma minyak almond dan minyak alpukat yang memang juga merupakan kandungan dari moisturizer ini.

Meskipun jenis kulit saya sensitif dan oily tapi sejauh ini saya cocok menggunakan Kiehl's Ultra Facial cream bahkan saya merasa produksi minyak di kulit lebih terkontrol ketika memakai pelembap ini. Saya juga cocok dengan formulanya karena nggak ada permasalahan baru yang timbul di kulit selama pemakaian.

Untuk harganya sama dengan kemasan reguler 50ml-nya yaitu di harga Rp 540.000,- Menurut saya kalau memang ada budget harga segitu masih sangat masuk akal untuk produk perawatan kulit high-end apalagi kalau memang sudah merasa cocok ya. Dan mengingat wajah saya nggak gampang cocok sama produk kecantikan jadi harga tersebut sebanding dengan manfaatnya. Udah gitu kemasan segitu lumayan lama habisnya, karena pakai sedikit aja udah cukup untuk satu wajah. Hehe

MIDNIGHT RECOVERY CONCENTRATE

Ini pertama kalinya saya mencoba Kiehl's Midnight Recovery Concentrate. Sebelumnya sih saya memang penasaran dengan face oil ini dan sudah masuk wishlist. Packaging regularnya juga cakep botol warna biru gitu. Terus muka saya pun kemaren memang lagi butuh recovery, makanya seneng banget pas saya akhirnya bisa nyobain Midnight Recovery Concentrate ini edisi special packaging pula.



Packaging

Midnight Recovery Concentrate dikemas dalam kemasan botol kaca putih 50ml. Dari isinya aja udah spesial karena untuk edisi reguler aja kemasan paling besar adanya 30ml. Untuk tutupnya juga terdapat aksen metal warna emas dan terlihat karet pump warna hitam yang tersambung dengan pipet kaca.

Untuk grafisnya juga sama seperti kemasan Ultra Facial Cream. Midnight Recovery Concentrate edisi terbatas ini juga dikemas lagi di dalam box karton dengan desain yang sama dengan box dua produk sebelumnya. Masih dengan warna putih, aksen emboss di bagian "170 years special edition", dan print hot stamping dan aksen keemasan di kotaknya berkilau pas kena cahaya.

Dengan packaging kayak gitu makin berasa banget kemewahan dari face oil ini di setiap tetesnya.

Ingredients

Midnight Recovery Concentrate mengandung bahan-bahan botani sustainable yang bermanfaat bikin kulit terlihat segar di pagi hari. Face oil ini mengandung 99.8% bahan dasar alami yang bekerja selama kita tidur untuk meregenerasi dan mengisi kembali lapisan kulit luar. Jadi pas bangun pagi hari kulit kita keliatan segar dan muda karena Midnight Recovery Concentrate menghidrasi, mengembalikan elastisitas kulit, dan menyamarkan tanda-tanda kelelahan pada kulit.

Terdapat Squalane di dalam kandungan Midnight Recovery Concentrate sama seperti yang terkandung dalam Ultra Facial cream. Karena Squalane dikenal dapat melembapkan kulit dan gampang diserap kulit karena kemiripan tekstur molekulnya dengan kulit kita.

Face oil ini juga mengandung Evening Primrose Oil yang diekstrak dari biji Evening Primrose, tanaman berbunga yang mekar sepanjang tahun. Minyak Evening Primrose sering digunakan dalam pengobatan herbal karena dikenal menghidrasi dan menjaga elastisitas kulit.

Ada kandungan Lavender Essential Oil juga yang bisa mencerahkan kulit dan bikin kulit nyaman kayak bisikan bayaran kerjaan udah ditransfer. Minyak esensial ini juga memiliki efek menyeimbangkan dan antioksidan untuk mengembalikan kulit di pagi hari.

Face oil ini juga nggak mengandung paraben, silikon, mineral oil, dan pewarna.

Directions

Face oil ini dapat digunakan 2 sampai 3 tetes di malam hari sebelum menggunakan pelembap atau dapat juga dipakai tersendiri. Untuk pemakaian di wajah saya pakai 2 tetes setelah itu diratakan sambil dipijat perlahan di seluruh wajah. Buat saya 2 tetes susah cukup banget untuk dipakai semuka.

Waktu saya cari-cari info soal Midnight Recovery Concentrate, face oil ini nggak terpaku cuma bisa dipakai di wajah. Mau dipakai di kulit badan pun juga sah-sah aja. Selain di wajah saya pakai juga untuk melembapkan kulit tangan, siku, dan lutut saya. Atau mau dicampur ke foundation waktu mau makeup juga bisa. 

Selain di wajah saya pakai juga untuk melembapkan kulit tangan, siku, dan lutut saya.


What I Feel

Midnight Recovery Concentrate ini kan dibuat dari paduan berbagai macam minyak botani dan minyak esensial tapi teksturnya ringan cenderung cair. Warnanya juga nggak pekat, hampir bening tapi tetap ada hint kuning muda transparan. Pas diaplikasikan cukup gampang menyerap dan nggak greasy. Untuk wanginya lebih ke arah lavender. Enak deh wanginya alami karena produk ini nggak menggunakan fragrance.

Saya deg-degan waktu pertama kali mau mencoba Midnight Recovery Concentrate. Karena kulit saya berminyak. Tapi yang saya baca face oil ini tuh cocok untuk semua jenis kulit. Tapi namanya juga mau review produk ya harus dicoba dong sambil tentunya berdoa semoga produknya cocok di kulit saya. Hehe.  Bahkan ya kalaupun misalnya nggak cocok di kulit wajah saya saya sudah menyiapkan rencana cadangan untuk pakai Midnight Recovery Concentrate di kulit badan saya yang paling rentan kering karena saya ada psoriasis dan bikin kulit tangan, siku, dan lutut saya pecah-pecah.

Setelah pertama kali pemakaian besoknya saya auto cek muka dan meraba-meraba mulit wajah saya. Kesan pertama saya wajah terlihat lembap gitu dan bouncy. Terus nggak ada muncul jerawat baru atau tanda-tanda iritasi lain di kulit saya. Jadi saya lanjutkan deh pemakaian sampai hampir 2 minggu. Senang banget kulit wajah saya cocok sama face oil ini meskipun jenis kulit saya berminyak. Bahkan jerawat-jerawat pada kempes dan muka juga makin lembap, cerah, dan kenyal. 

Untuk harganya edisi spesial kali dibandrol dengan harga Rp 1.125.000,- Fix sih Kiehl's ulang tahun kali ini kayak mau treat customernya deh, soalnya kalau aku hitung-hitung harganya dibawah kemasan reguler 30ml digabung sama kemasan reguler 15ml. Doakan aku banyak rezeki ya Guys, jadi kalau face oilnya habis bisa repeat order lagi. Amin :)

Ini dia kondisi kulit aku sebelum dan setelah pemakaian 2 minggu 3 produk Kiehl's 170th Anniversary limited edition Commemorative Collection di atas. Sebelumnya kan saya lagi rajin begadang, makan nggak sehat, wajah hampir tiap hari ketutup karena pakai masker seharian, dan diperparah saya juga lagi on-off ngerawat kulit. Lihatlah hasilnya di foto kulit terlihat kusam dan jerawat lagi datang silih berganti  mana lama banget kempesnya kayak pada betah gitu dan kalau saya lagi pegang wajah saya bisa ngerasain ada beberapa calon jerawat baru yang pengen muncul ke permukaan.



Setelah hampir 2 minggu pemakaian Kiehl's Calendula Herbal-Extract Toner + Ultra Facial Cream + Midnight Recovery Concentrate,  kulit wajah sudah mulai membaik dan terasa lebih sehat. Kulit sudah mulai nggak merah lagi, nggak ada muncul jerawat baru, jerawat yang ada juga sudah pada kempes, terus yang kulit saya kalau dipegang jadi terasa halus, bekas jerawat juga mulai memudar, kulit jadi lebih lembap dan supple juga terlihat lebih cerah. Happy!

Kalian ada yang sudah pernah pakai Kiehl's juga nggak? Atau tertarik untuk mencoba? Jangan kayak saya dulu ya cuma lihat-lihat dari depan toko, masuk aja ke tokonya karena kalian bisa mencoba sample produknya. Untuk informasi lebih lengkapnya kalian bisa cek websitenya Kiehl's dengan klik disini atau bisa cek sosial media Kiehl's Indonesia juga ya @kiehlsid.

So, sekali lagi HAPPY 170th ANNIVERSARY Kiehl's! Terima kasih sudah terus bertahan sampai sekarang dan terus berinovasi untuk perawatan kulit. Terima kasih juga sudah mengeluarkan produk-produk yang hebat dan membantu merawat kulit oily dan sensitif saya beberapa tahun belakangan. Senang banget saya yang dulu cuma sekedar melihat toko Kiehl's dari jauh sekarang bisa jadi bagian dari perayaan anniversary Kiehl's tahun ini. Semoga Kiehl's masih ada terus sampai ratusan tahun lagi :)

Sincerely your happy customer,

Yulia Rahmawati


Kindly follow my blog if you like this post:
Review Kiehl's 170th Anniversary Limited Edition Commemorative Collection

You Might Also Like

2 comment

  1. Kak ibu hamil bisa pakai nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kalau dilihat dari ingredients-nya sepertinya bisa dipakai untuk ibu hamil. Tapi biar lebih pasti bisa ditanyakan langsung ya dear. Coba ke instagram @kiehlsid :)

      Delete

hello...
thx for droppin' by at my blog
I would love to receive ur comment,,,
And I would really love if you wanna exchange link with me,,,

xoxo
YULIA RAHMAWATI
Get Up,Survive, Go Back To The Bed

Hi, thanks for visiting. Happy Reading ...

Hi, thanks for visiting. Happy Reading ...

LOVELY PEOPLE

Subscribe