CERITA PERJALANAN KARYA DARI HATI QONITA GHOLIB

8/27/2019


Jujur saya tuh selalu kagum dengan orang-orang yang berkarya dan tidak ragu untuk memasukkan nilai-nilai budaya lokal yang dekat dengan mereka untuk dijadikan bagian dari karyanya. Karena pastinya hal tersebut seringkali tidak mudah dan punya tantangan tersendiri untuk bisa terus bertahan dan berkembang di tengah persaingan industri yang semakin ketat. Tapi kalau karya datang dari hati, tentunya akan sampai pula ke hati. Prinsip itulah yang ternyata menjadi rahasia semua karya Qonita Gholib.

Sore minggu lalu saya diundang ke private event pembukaan butik Qonita Gholib yang berkonsep one-stop-shopping di daerah Cipete dan alhamdulillah bisa mendapat kesempatan untuk menyapa langsung sosok dibalik brand Qonita Gholib dan melihat sendiri dari dekat hasil karya Kak Qonita. Acaranya sendiri dikemas bernuansa private sehingga terasa sekali keakraban di antara para tamu undangan yang hadir. Tema yang dihadirkan pada pembukaan butik sore itu berupa "MILESTONE OF QONITA GHOLIB" di mana para tamu undangan diajak untuk mendengarkan dan menyaksikan cerita perjalanan brand Qonita Gholib sejak awal sampai sekarang.




Nama besar Qonita Gholib sebagai desainer tentunya tidak terlepas dari perjuangan Ibu Kak Qonita yang merupakan seniman pengrajin batik asal Pekalongan, Ibu Najah Aljuhi. Beliau menciptakan brand batik industri rumahan dengan label 'Qonita Batik" pada tahun 1995. Nama Qonita diambil dari nama Kak Qonita sebagai anak pertama yang waktu itu berusia 2 tahun. Qonita Batik selalu memiliki ciri khas tersendiri dalam setiap koleksinya sehingga banyak diminati dan semakin berkembang hingga memiliki pabrik batik sendiri di Pekalongan.

Beranjak dewasa Kak Qonita berniat untuk menaikkan minat masyarakat pada batik sehingga batik dapat diterima oleh berbagai kalangan. Kemudian ia belajar di ESMOD untuk mewujudkan cita-citanya menjadi desainer pakaian. Kak Qonita memulai brandnya dengan nama Qonita Attamimi yang kemudian berganti nama menjadi Qonita Gholib. Di tahun 2013 ia menjadi salah satu desainer termuda APPMI dan di tahun yang sama juga menjadi desainer termuda yang merancang busana untuk Miss World. Di awal perjalanan karirnya Qonita Gholib menargetkan semua kalangan wanita Indonesia sebagai pasarnya, kemudian seiring berjalannya waktu brand ini memilih untuk fokus pada pasar muslimah Indonesia. 




Berkat desain Kak Qonita yang mampu membuat batik terasa modern, karyanya digemari oleh banyak perempuan terutama untuk dikenakan menghadiri acara-acara spesial. Permintaan pelanggannya pun bertambah untuk custom baju pengantin. Berawal dari berbagai permintaan pelanggan akhirnya Qonita Gholib melebarkan sayapnya dengan meluncurkan koleksi bridal pada tahun 2015 di Indonesia Fashion Week. 

Saat ini 6 tahun sudah Kak Qonita berkarya dan berinovasi dengan ciri khas karya-karyanya yang klasik dan elegan. Karyanya sendiri saat ini terbagi ke dalam tiga kategori: Ready to Wear Deluxe, Batik Premium, Couture & Bridal Collections. Sore itu Kak Qonita juga menampilkan karyanya selama berkiprah di dunia fashion tanah air. Mulai dari koleksi Qonita Batik, dilanjutkan dengan trunkshow karya-karya terbaik Qonita Gholib, diakhiri dengan pagelaran busana upcoming collection Qonita Gholib berupa couple mommy and kids collections. 




Oiya, sekarang pelanggan Qonita Gholib sudah bisa melihat dan membeli koleksi Qonita Gholib lewat website di www.qonitagholib.com loh. Termasuk koleksi terbaru hasil kolaborasi dengan salah satu influencer Indonesia, Shella Alaztha lewat koleksi scarf Qonita x Shella Volume 2 Natura. InsyaAllah dengan adanya website tersebut diharapkan bisa lebih memudahkan customer untuk memilih dan membeli busana yang tepat untuk keperluan mereka. Sore itu diperkenalkan juga mini logo Qonita Gholib. Part ini tuh seru banget, karena beberapa orang tamu spesial diminta untuk lemba menggambar mini logo. Semua peserta juga kompetitif banget, sampai-sampai Kak Zaskia Sungkar yang ikutan lomba duduk lesehan menggambar di lantai saking serius pengen menang lomba. 



Menyenangkan melihat perjalanan Qonita Gholib, semua cerita Kak Qonita sore itu terasa hangat di hati. Dukungan dari keluarga, teman, dan para pelanggan setia pun juga sangat terasa sekali. Sukses terus Kak Qonita dengan Qonita Gholib-nya, selamat untuk opening Qonita Boutique Cipete. Ditunggu karya-karyanya dan semoga semakin ramai diterima dan dicintai oleh banyak orang.

Alamat Qonita Boutique Cipete
Cipete Raya 10, Jakarta Selatan (sebelah klinik Cipete Raya)

Kindly follow my blog if you like this post:
CERITA PERJALANAN KARYA DARI HATI QONITA GHOLIB

Follow your heart,
Salaam

Yulia Rahmawati

You Might Also Like

2 comment

hello...
thx for droppin' by at my blog
I would love to receive ur comment,,,
And I would really love if you wanna exchange link with me,,,

xoxo
YULIA RAHMAWATI
Get Up,Survive, Go Back To The Bed

Hi, thanks for visiting. Happy Reading ...

Hi, thanks for visiting. Happy Reading ...

LOVELY PEOPLE

Subscribe